Sosialisasi & Pelatihan Pemetaan Menggunakan Aplikasi ArcGIS Dan Penggunaan GPS

Sungai Pancang, Selasa 12 Desember 2017 dilaksanakan Sosialisasi & Pelatihan Pemetaan Mengguakan  Aplikasi  ArcGIS dan Penggunaan GPS di Kantor Desa Sungai Pancang pada pukul 10:00 sampai 11:00 diikuti oleh Aparatur Desa dan Masyarakat dianataranya:

  1. Muhammad Yahya S.Ip selaku kepala desa Sungai Pancang
  2. Dewi Sinta (Kasi Pemerintahan)
  3. Rasdiana (Kaur Umum)
  4. Yenny Sahuri (Kaur Keuangan)
  5. Baharuddin, S.Ip (Kasi Pembangunan)
  6. Alwi (Kasi Kersa)
  7. Nurliya (Staff)
  8. Heriadi (Staff)
  9. Syahril (Staff)
  10. Haerani (Operator)
  11. Rodiyah (Kadus HB.3)
  12. Hamzah (Kadus 04)
  13. Suriani (Ketua Rt 3)
  14. Asrudi (Ketua Rt 05)
  15. Andi Juniati (Ketua Rt  11)
  16. Norma Cahayatii
  17. Abdul Rahman

Sosialisasi & Pelatihan Pemetaan Mengguakan  Aplikasi  ArcGIS dan Penggunaan GPS di Kantor Desa Sungai Pancang dilaksanakan oleh Penyuluh desa Sungai Pancang yaitu Masita, S.S beserta rekan-rekan penyuluh desa broadband 2017 kecamatan sebatik yaitu Yuslan dan Arifuddin. Kegiatan yang terlaksana hanya sosialisasi menggunakan materi powerpoint hal ini disebabkan karena tidak adanya alat GPS untuk terjun langsung ke lapangan menentukan titik lokasi  selain itu terkendala di jaringan internet untuk membuka aplikasi ArcGIS. Jadi dalam sosialisasi hanya memberikan materi tentang pengertian peta, macam-macam peta, tujuan dan fungsi peta. Memperkenalkan aplikasi ArcMap dan ArcGIS yang merupakan aplikasi pembuatan peta. Menjelaskan tentang  alat Drone serta GPS dengan menunjukkan macam-macam alat tersebut serta fungsinya. Menunjukkan peta-peta hasil olahan dari aplikasi ArcGIS.

Sosialisasi ini bertujuan untuk saling berbagi pengetahuan kepada Aparatur desa maupun masyarakat tentang ilmu yang didapatkan Penyuluh Desa saat Bimbingan Teknis di Balikpapan. Pembuatan peta menggunakan Aplikasi ArcGIS tidaklah mudah sehingga untuk membuat peta khususnya peta desa itu sendiri membutuhkan waktu yang lama. Kegiatan Sosialisasi dari Penyuluh Desa Sungai Pancang telah terlaksana selama 2 bulan dan Alhamdulillah antusias Aparatur desa dan Masyarakat sangat baik. “Kami Tidak Merasa Pintar Tetapi Kami Ada Untuk Bersama-sama Aparatur Desa dan Masyarakat Membangun Desa Untuk Lebih Baik”.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan