Pasar Kamis Subuh Hingga Pagi Di Desa Sungai Pancang

Sungai Pancang, Kamis 7 Desember 2017. Aktifitas masyarakat desa Sungai Pancang pada khususnya pada hari kamis subuh adalah berjualan di pasar. Pada kamis subuh hingga pagi pasar d desa Sungai Pancang ramai di kunjungi masyarakat baik yang berasal dari wilayah desa Sungai Pancang maupun dari desa-desa lain. Aktifitas jual beli pada subuh hingga pagi hari telah lama berlangsung. Berbagai macam sayur-sayuran dll hasil perkebunan desa Sungai Pancang dan beberapa jualan di datangkan dari wilayah bahkan provinsi lain. Seperti kentang, kacang tanah yang didatangkan dari Sulawesi Selatan. wortel dan kubis  serta sembako lainnya (minyak goreng, tepung terigu, gula) yang didatangkan dari Tawau-Malaysia.

Beraneka ragam sayur-sayuran, ikan bahkan kue yang diperjual belikan. Ikan yang dijual di pasar desa Sungai Pancang, selain ikan yang berasal dari sebatik juga ikan yang berasal dari Tarakan Kalimantan Utara dan juga Tawau-Malaysia. Sedangkan kue yang diperjual belikan rata-rata kue tradisional bugis, hal ini menunjukkan bahwa masyarakat yang berdomisili di sebatik pada umumnya dan di Sungai Pancang pada khususnya berasal dari suku bugis.

Biasanya sayur-sayuran dll pada pasar kamis subuh lebih murah dibandingkan hari-hari biasa karena selain tersediaan jualan yang banyak juga banyaknya saingan penjual. Bukan hanya pengunjung yang berasal dari luar desa Sungai Pancang tetapi penjual juga ada beberapa yang berasal dari desa lain bahkan dari kecamatan lain yang datang ke pasar tersebut. Penjual tersebut biasanya ada pada setiap pasar rutin yang dilaksanakan di setiap pasar-pasar yang ada di pulau Sebatik seperti pasar Aji kuning, pasar Tanjung Aru, pasar mantikas dll.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan