BUNGA KREATIFITAS ( BOTOL BEKAS ) HASIL KARYA IRT DESA SUNGAI PANCANG

Sampah botol plastik yang merupakan sampah yang daur ulangnya membutuhkan waktu lama tetapi IRT yang kreatif malah memanfaatkan botol bekas tersebut untuk dikelolah menjadi bunga kreatifitas yang memiliki harga jual Rp 250.000, sampai Rp 350.000. Bunga Kreatifitas tersebut dilakukan oleh IRT desa Sungai Pancang khususnya yang beralamatkan Jl.Usman  Harun RT.01 atas nama ibu Fatima, ibu Karnila,ibu Mala dan beberapa IRT lainnya.

Bunga kreatifitas kelar dalam waktu 1 minggu jika rutin dikerjakan. Terkadang proses yang lama adalah mengumpulkan botol bekas yang memiliki merek yang sama seperti botol Aqua sedang. Bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan bunga kreatifitas yaitu botol bekas, cat,kuas, kawat, ranting pohon dan gunting sebagai bahan tambahan yaitu pot bunga, pasir dan krikil. yang ukurannya tergantung besarnya bunga hasil karya IRT.

Pembuatan bunga kreatifitas selain untuk dijadikan hiasan di rumah sendiri juga hasil pesanan dari konsumen dan terkadang dibuat untuk dibawa ke pameran desa Sungai Pancang. Seperti saat MTQ di desa Sungai Pancang, beberapa IRT menjadikan bunga kreatifitas sebagai bahan pameran dan Alhamdulillah ada beberapa pot bunga yang laku terjual.

Kegiatan ini dilakukan selain mengisih waktu luang juga sebagai hobby dari IRT itu sendiri dan untuk kerja sampingan karena harga se-pot bunga kreatifitas senilai Rp 250.000 sampai Rp 350.000 tergantung ukuran bunga serta jjenis bunganya. Pembuatan bunga kreatifitas akan terus dilaksanakan selama ada pesanan dari konsumen.

 

 

 

Facebook Comments

1 Comment

Tinggalkan Balasan