Pasokan BBM Tarakan ke Pulau Sebatik Menggunakan Kapal SPOB Cahaya Soppeng Indra 01 (PT.Pertamina Tarakan) di Dermaga Syahbandar Desa Sungai Pancang

Sungai Pancang, Kamis 23 November 2017, Kapal SPOB Cahaya Soppeng Indra 01 (PT.Pertamina Tarakan) melakukan pembongkaran bahan bakar minyak pasokan dari Tarakan ke Pulau Sebatik khususnya akan di bawah ke Pertamina Sungai Nyamuk dll menggunakan beberapa unit mobil pertamina. Jumlah BBM  yang di angkut kapal tersebut sebanyak 175 liter terdiri dari : 145 liter bensin, 15 liter pertalite dan 15 liter solar. Kapal SPOB Cahaya Soppeng Indra 01 (PT.Pertamina Tarakan) terdiri dari 7 orang dibawah kapten Iwan. Kapal tersebut hanya seminggu di dermaga syahbandar desa Sungai Pancang kemudian kembali ke Tarakan. Pasokan BBM yang diangkut oleh kapal SPOB Cahaya Soppeng Indra 01 (PT.Pertamina Tarakan) 2-3 kali sebulan ke Pulau Sebatik.

Bensin premium adalah bahan bakar minyak jenis distilat berwarna kekuningan yang jernih. Bahan bakar ini untuk kendaraan seperti motor, mobil dll. Bensin premium merupakan bahan bakar minyyak dengan oktan RON terendah diantara BBM untuk kendaraan bermotor lainnya, yakni hanya 88. (www.amp.kasus.co.id) _ Kamis, 23 November 2017_22:14

Pengisian BBM dari Kapal k Truk Pertamina

Bahan bakar pertalite memiliki RON yang lebih tinggi. Pertalite merupakan bahan bakar yang ramah lingkungan dan menghasilkan tenaga yang lebih halus.

Solar atau sering disebut bahan bakar diesel, adalah bahan bakar yang digunakan untuk peralatan industri dan kendaraan yang bermesin diesel. Solar memiliki beberapa karakteristik, aitu memiliki kekentalan yang cukup agar dapat disemprotkan oleh ejektor di dalam mesin. Sifat solar juga berbeda dengan bahan bakar lainnya , yaitu anti-knocking sehingga mesin bekerja dengan lebih halus. (www.idpelago.com _Kamis 23 November 2017_22:05)

Peran Bahan Bakar Minyak (BBM)  sangat penting dalam kehidupan masyarakat. BBM merupakan kebutuhan pokok bagi masyarakat Desa maupun Kota baik dalam rumah tangga maupun pengusaha. Demikian juga BBM sangat penting bagi sektor industri maupun transportasi. Oleh karena pentingnya BBM dalam kehidupan masyarakat dapat dilihat dari pengaruhnya terhadap perubahan harga bahan pokok atau inflasi. Upaya untuk menjamin kelancaran pasokan BBM ke masyarakat maka tidak terlepas dari usaha jasa pengangkutan. Dalam hal ini pertamina bekerjasama dengan pihak terkait untuk mendistribusikan BBM ke konsumen.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan