Pasar Desa Sungai Pancang

Pasar desa Sungai Pancang

Pasar merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli. Pasar desa Sungai Pancang terletak di rt.08 yang merupakan desa yang berada di Kecamatan Sebatik Utara sehingga produk yang dijual di pasar desa Sungai Pancang bukan hanya produk Indonesia ataupun hasil perkebunan desa Sungai Pancang pada khususnya dan kecamatan Sebatik pada umumnya tetapi produk yang di datangkan dari Tawau-Malaysia. Transaksi jual beli di pasar Sungai Pancang menggunakan dua mata uang yaitu rupiah dan ringgit_Malaysia karena selain desa Sungai Pancang yang berada di Kecamatan Sebatik Utara yang berbatasan dengan Tawau-Malaysia, warga desa Sungai Pancang juga membeli produk dari Tawau-Malaysia.

Sayur-sayuran hasil perkebuan Sebatik_desa Sungai Pancang

Adapun hasil perkebunan desa Sungai Pancang atau kecamatan sebatik diantaranya yaitu lada besar, cabe, bawang merah, bawang putih, kelapa, pisang, tahu, tempe, sayur-sayuran seperti sayur kangkung, kacang panjang, jagung, terong, bayam dll. Adapun hasil perkebunan yang didatangkan dari Sulawesi Selatan yaitu ubi jalar, jeruk purut, tomat, jahe dan buah-buahan yaitu buah semangka dan melon.

Hasil perkebunan Sulawesi Selatan yang dijual di pasar desa Sungai Pancang

Selain sayur-sayuran dan buah-buahan yang di jual di pasar desa Sungai Pancang. sembako merupakan salah satu jualan yang ada di pasar. tetapi sebagian besar sembako yang di jual di desa Sungai Pancang adalah sembako yang didatangkan dari Tawau-Malaysia. hal ini terjadi karena desa Sungai Pancang yang berada di Kecamatan Sebatik Utara berbatasan langsung dengan Tawau-Malaysia yang memudahkan warga desa Sungai Pancang untuk langsung membeli sembako dll dengan harga yang lebih murah dan jarak yang tak begitu jauh jika dibandingkan ketika membeli produk Indonesia yang didatangkan dari Surabaya ataupun wilayah lain di Indonesia.

Sembako yang didatangkan dari Tawau-Malaysia yang dijual di pasar desa Sungai Pancang

di pasar desa Sungai Pancang tidak hanya menjual sayur-sayuran, buah-buahan dan sembako tetapi juga menjual ikan. Pasar sayur dan pasar ikan berada ditempat yang berbeda yaitu saling berhadapan yang dipisahkan oleh jalan raya. bermacam-macam ikan yang di jual di pasar desa Sungai Pancang diantaranya yaitu ikan bandeng, ikan layang,  ikan cakalang dll tidak hanya ikan tetapi kepiting dan udang juga merupakan hasil laut yang dijual di pasar.

Ikan yang didatangkan dari Tarakan_Indonesia dan Tawau-Malaysia yang dijual di pasar desa Sungai Pancang

Ikan yang dijual di pasar desa Sungai Pancang bukan hanya hasil perikanan Indonesia tetapi didatangkan dari Tawau-Malaysia. ikan yang berasal dari Tarakan-Indonesia yaitu ikan bandeng, kepiting dan udang  sedangkan ikan yang didatangkan dari Tawau-Malaysia yaitu ikan layang, ikan cakalang dll.

Rombengan (cakar) / pakaian bekas layak pakai  yang dijual disekitar pasar desa Sungai Pancang

Disekitar pasar desa Sungai Pancang juga tersedia ruko yang  menjual rombengan (Cakar) / pakaian bekas layak pakai yang didatangkan dari Tawau-Malaysia.

Pembeli di pasar desa Sungai Pancang tidak hanya warga desa pancang tetapi dari desa lain juga sering berkunjung ke pasar tersebut. terutama pada hari pasar tertentu yaitu pada jumat malam dan pada minggu pagi. pada hari tersebut adalah hari dimana pengunjung lebih rameh dibandingkan hari-hari biasa.  Pasar di desa Sungai Pancang ada dua yaitu terletak di rt.8 dan pasar yang terletak di dekat pangkalan batu (dermaga Syahbandar) tetapi pasar yang berada di pangkalan batu (dermaga Syahbandar) hanya terjadi transaksi jual beli pada jumat malam sedangkan di Pasar desa Sungai Pancang di rt.8 selain terjadi transaksi jual beli pada jumat malam dan minggu pagi, pasar tersebut juga setiap hari menjadi pasar kunjungan warga.

 

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*