Bimbingan Teknis Penyuluh Pendampingan Desa Broadband Terpadu 2017

27 Penyuluh Desa Broadband 2017 Khusus Kalimantan
Sambutan Dr.Ir.Sofyan Sjaf, Spt,M.Si sebagai Kepala PSP3-LPPM IPB

Bimbingan Teknis Penyuluh Pendampingan Desa Broadband Terpadu 2017 dengan tema “Desa Berjejaring, Indonesia Kuat” dilaksanakan mulai Senin 06 November 2017 s.d Jumat 10 November 2017 di Hotel Aston Jl.Jend.Sudirman, Kota Balikpapan yang diikuti oleh 27 orang yang berasal dari 5 Provinsi Kalimantan yaitu Provinsi Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Tengah. 27 orang tersebut berasal dari beberapa desa diantaranya desa Sungai Pancang, Balansiku, Liang Bunyu, Aji Kuning, Sungai Nyamuk, Sri Nanti, Tabur Lestari, Suyadon, Samunti, Ubol Alung, Long Nawang, Long Pujungan, Gunung Putih, Embalut, Suatang, Sungai Nibung, Sungai Enau, Kaliau, Jagoi, Kenaman, Belangin, Lintang, Senaning, Sungai Antu, Piasak Hulu, Jangkar Prima dan desa Mekar Jaya.
Pembukaan Bimbingan Teknis Penyuluh Pendampingan Desa Broadband Terpadu 2017 dibuka pada pukul 19:00-19.30 oleh Tenaga Ahli Bapak Dr.Ir.Sofyan Sjaf, Spt,M.Si pada pembukaan tersebut juga dihadiri oleh Bapak Kepala Dinas Kominfo Provinsi Kalimantan Timur Bapak Abdul Sani,S.H.M.Hum Memberikan Sambutan Mengenai Provinsi Kalimantan. Selain beberapa sambutan, pada hari pertama bimbingan teknis panitia juga menyampaikan tata tertib kegiatan bimbingan teknis penyuluh. Hal tersebut dilakukan tentunya agar kegiatan berjalan dengan tertib dan lancar.

Menentukan Titik Lokasi Menggunakan GPS
Praktek Menggunakan ArcMap
Belajar Tentang, SIDEKA, Siskuedes dll

Dalam kegiatan bimbingan tehnis ada beberapa materi yang disampaikan oleh masing-masing pemateri diantaranya Tentang Pentingnya Sistem Informasi dalam Pembangunan, Pengunaan Aplikasi Teamviewer, Menginstal Sideka dan Tata Cara Mengeporasikan Aplikasi Sideka Membuat Sejarah Desa, Propil Desa dan Memposting Artikel Selama Pelatihan. Selain itu juga materi tentang Pentingnya Teknologi Informasi dalam pembahasan materi IT diharapkan dengan Teknologi informasi dan komunikasii pemerintah pusat maupun daerah mampu mengembangkan inovasi desa, mendorong terwujudnya desa cerdas dan lain-lain. Dalam kegitan bimbingan tehnis, pemateri dan panitia tidak hanya memberi materi tetapi setiap setelah materi selesai di sampaikan oleh pemateri, peserta di bagikan pre-test untuk dikerjakan hal ini bertujuan untuk melihat kemampuan peserta dalam memahami materi yang telah di sampaikan oleh pemateri. Begitu pula dengan penggunaan GPS selain penjelasan dari pemateri, peserta juga diminta untuk terjun langsung ke lapangan untuk menentukan titik letak suatu tempat kemudian dikelola dalam aplikasi ArcGIS 10.3 yang dihubungkan ke ms.excel.

Praktek menulis berita di website desa
Mengerjakan pre-test
Belajar Cara Mengaplikasikan ArcGIS 10.2

Dalam Kegiatan Bimbingan Teknis Penyuluh Pendampingan Desa Broadband Terpadu 2017. Penyuluh dari berbagai desa di Kalimantan yang berada di hotel Aston Balikpapan tidak hanya belajar dan belajar tetapi saling berusaha akrab satu sama yang lainnya.

Kebersamaan penyuluh pada saat selesai praktek penggunaan GPS di lapangan
Kebersamaan penyuluh saat di luar ruangan belajar mengaplikasikan ArcGIS 10.2

Pada hari terakhir kegiatan Bimbingan Teknis Penyuluh Pendampingan Desa Broadband Terpadu 2017 ditutup oleh Dr.Ir.Sofyan Sjaf, Spt,M.Si sebagai Kepala PSP3-LPPM IPB. Salah satu harapan Bapak  Dr.Ir.Sofyan Sjaf, Spt,M.Si yaitu penyuluh desa broadband 2017 mampu bekerja dengan sebaik-baiknya di desa masing-masing menjadikan Desa Berjejaring, Indonesia Kuat.

Setelah penutupan dilanjutkan menandatangani kontrak masing2 serta dijelaskan tugas dan tanggung jawab penyuluh desa Broadband 2017 serta mengabadikan moment bersama semua penyuluh dan panitia.

penyuluh desa Sungai Pancang menandatangani kontrak kerja
Mengabadikan moment penyuluh desa broadband 2017 Balikpapan bersama panitia PSP3-IPB

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*